Selasa, 04 Oktober 2016

Polsek Sawahan Amankan Siraman di Tempat Wisata Air Terjun Sedudo

Tribratanews.net Nganjuk – Dengan datangnya tahun Baru Islam yang dikenal dengan sebutan 1 Syuro, pada hari Sabtu (1/10) Polsek Sawahan di bek up Polres Nganjuk melaksanakan pengamanan kegiatan tradisi 1 Syuro Siraman dan larung sesaji di Air Terjun Sedudo Desa Ngliman Sawahan Nganjuk.
Prosesi Siraman dan larung sesaji yang dihadiri Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman dan Pejabat Forpinda termasuk beberapa Kepala SKPD Pemkab. Nganjuk dan Camat Se – Kab Nganjuk dengan menggunakan pakaian adat Jawa.
Rangkaian kegiatan ritual dimulai jam 13.00 wib yang diadakan di bawar Air terjun Sedudo tersebut, juga hadiri ribuan warga yang memadati kawasan tepi wisata air terjun sedudo guna melihat acara yang diselenggerakan setiap tahun tersebut dan mandi bersama.
Tepat pukul 14.30 wib para tokoh desa setempat mulai melakukan upacara puncak. Bapak Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman didampingi pejabat lainya. menyerahkan secara simbolis tumpeng Agung dilanjutkan pengambilan air Terjun sedudo yang selanjutnya diserahkan kepada putri-putri Nganjuk.
Sebelum upacara puncak ritual dilakukan, seluruh peserta yang seluruhnya berpakaian adat Jawa tersebut mengadakan selamatan yang dipimpin tokoh desa Ngliman Kecamatan Sawahan. berharap Semoga rakyat Nganjuk mendapat berkah dari yang Kuasa, jauh dari segala bencana.(hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar