Senin, 05 Maret 2012

Ratusan Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Senjata di Kongo


Moksa Hutasoit - detikNews

Senin, 05/03/2012 04:22 WIB

Jakarta Ledakan besar terjadi di sebuah pabrik senjata di Republik Kongo Brazzaville, Minggu (4/3). Sedikitnya 150 orang tewas akibat ledakan ini. Korban luka pun jumlahnya sangat banyak.

Dikutip dari AFP, Senin (5/3/2012), ada sekitar 150 mayat yang sudah ada di rumah sakit militer di kota tersebut. Jumlah angka orang yang cidera pun diperkirakan mencapai 1.500 jiwa.

"Ada lebih dari 100 tewas," kata Menteri Dalam Negeri, Raymond Mboulou.

Bukan hanya korban jiwa saja, ledakan ini benar-benar membuat rusak gedung-gedung di sekitar pabrik. Getaran akibat ledakan ini bahkan terasa sampai beberapa kilometer hingga ke Kinshasa, Ibukota negara tetangga Republik Demokratik Kongo. 

Warga sekitar mendengar sedikitnya 5 kali ledakan dari pabrik tersebut. Bahkan ada juga ledakan yang terus terjadi meski dengan suara yang relatif kecil. Kondisi ini juga yang menghambat petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat.

Belum ada penjelasan resmi dari pemerintah terkait ledakan ini. Namun Presiden Denis Sassou Nguesso sudah memerintahkan seluruh jajarannya untuk menyediakan tempat penampungan bagi warga yang mengungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar